A. Pengertian Organisasi
Organisasi merupakan sistem yang terpadu, di dalamnya terdapat subsistem-subsistem yang saling berhubungan, secara bersama dan bekerja sama dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu.
B. Sifat-Sifat Organisasi
a. Formal, adanya suatu ikatan yang resmi, adanya struktur/kedudukan/jabatan, ada hak dan kewajiban, ada anggaran dasar, dan adanya hubungan kerja sama.
b. Informal, tidak diikat persyaratan-persyaratan formal dan jumlah banyaknya anggota tergantung dari masing-masing tujuannya dan pada umumnya kontak hubungan antar personal bersifat situasional.
Ditinjau dari substansinya maka baik organisasi formal maupun informal ada kesamaan dan perbedaannya, yaitu:
a. Kesamaan
- Adanya kedudukan tertentu
- Adanya kerja sama antar anggota
- Adanya tujuan
b. Perbedaan
- Tidak adanya ikatan formal
- Kontak hubungannya berbeda
C. Bentuk-Bentuk Organisasi
a. Organisasi garis, suatu bentuk organisasi yang memandang/berpendapat dan menerapkan sumber wewenang tunggal. Segala keputusan/kebijakan dan tanggung jawab berada pada pemimpin puncak. Bawahannya hanya mengenal satu pemimpin
b. Organisasi staff, suatu organisasi yang hanya mempunyai hubungan dengan puncak pemimpin dan fungsinya semata-mata untuk memberikan bantuan, baik berupa pikiran maupun bentuk bantuan lain demi kelancaran tugas puncak pemimpin.
c. Organisasi Garis dan Staff, kombinasi dari organisasi lini/garis, dimana tugas pemimpin dibantu oleh para staff. Para staff berperan memberikan bantuan dan masukan.
d. Organisasj fungsional, pemimpin yang tidak memiliki bawahan yang jelas dapat melakukan instruksi kepada semua bawahan.
- Adanya tujuan
- Adanya prinsip kerja sama
- Adanya pembagian kerja
- Adanya pendelegasian wewenang
- Adanya rentang kendali pengawasan
- Adanya kesatuan komando/perintah
- Jelas adanya koordinasi tiap kegiatan
Comments
Post a Comment