Skip to main content

ORGANISASI & RUANG LINGKUPNYA


A. Pengertian Organisasi
Organisasi merupakan sistem yang terpadu, di dalamnya terdapat subsistem-subsistem yang saling berhubungan, secara bersama dan bekerja sama dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu.

B. Sifat-Sifat Organisasi
a. Formal, adanya suatu ikatan yang resmi, adanya struktur/kedudukan/jabatan, ada hak dan kewajiban, ada anggaran dasar, dan adanya hubungan kerja sama.

b. Informal, tidak diikat persyaratan-persyaratan formal dan jumlah banyaknya anggota tergantung dari masing-masing tujuannya dan pada umumnya kontak hubungan antar personal bersifat situasional.

Ditinjau dari substansinya maka baik organisasi formal maupun informal ada kesamaan dan perbedaannya, yaitu:
a. Kesamaan
- Adanya kedudukan tertentu
- Adanya kerja sama antar anggota
- Adanya tujuan

b. Perbedaan
- Tidak adanya ikatan formal
- Kontak hubungannya berbeda

C. Bentuk-Bentuk Organisasi
a. Organisasi garis, suatu bentuk organisasi yang memandang/berpendapat dan menerapkan sumber wewenang tunggal. Segala keputusan/kebijakan dan tanggung jawab berada pada pemimpin puncak. Bawahannya hanya mengenal satu pemimpin


b. Organisasi staff, suatu organisasi yang hanya mempunyai hubungan dengan puncak pemimpin dan fungsinya semata-mata untuk memberikan bantuan, baik berupa pikiran maupun bentuk bantuan lain demi kelancaran tugas puncak pemimpin.

c. Organisasi Garis dan Staff, kombinasi dari organisasi lini/garis, dimana tugas pemimpin dibantu oleh para staff. Para staff berperan memberikan bantuan dan masukan.

d. Organisasj fungsional, pemimpin yang tidak memiliki bawahan yang jelas dapat melakukan instruksi kepada semua bawahan.


D. Prinsip-Prinsip Organisasi
- Adanya tujuan
- Adanya prinsip kerja sama
- Adanya pembagian kerja
- Adanya pendelegasian wewenang
- Adanya rentang kendali pengawasan
- Adanya kesatuan komando/perintah
- Jelas adanya koordinasi tiap kegiatan

Comments